January 31, 2023

Mengapa Produktivitas Kelapa Sawit Indonesia 2 Kali Lebih Rendah berasal dari Malaysia?

Anwar Ibrahim resmi dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-10. Anggota DPR berasal dari Tambun itu mengambil alih sumpah jabatan di hadapan raja di Istana Negara Malaysia terhadap pukul 17.05, Kamis, 24 November 2022.

“Saya, Anwar Ibrahim, sesudah ditunjuk sebagai perdana menteri, bersumpah bersama benar-benar bahwa saya bakal bersama jujur mencukupi tugas itu bersama segala usaha dan bahwa saya bakal mengabdikan kesetiaan sejati saya kepada Malaysia,” sumpah pria berusia 75 th. itu.

Setelah mengambil alih sumpahnya, Anwar menandatangani surat penunjukan. Penandatanganan itu disaksikan oleh Hakim Ketua Tengku Maimun Tuan Mat dan Ketua Sekretaris Pemerintah Mohd Zuki Ali. Upacara disaksikan oleh Jaksa Agung Idrus Harun, Kapolri Affendi Buang, Irjen Polisi Acryl Sani Abdullah Sani, Ketua Senat Dr Rais Yatim dan Ketua Dewan Rakyat Azhar Azizan Harun karuniatinggiindonesia.com – Suppliers and Manufacturers Palm Kernel expeller Indonesia .

Anwar berjanji bakal memikul kepercayaan yang didapatkannya sebagai PM Malaysia bersama penuh kerendahan hati dan tanggung jawab. “Saya bakal memikul tanggung jawab berat ini bersama tim berdasarkan keinginan dan hati nurani rakyat,” kata Anwar di dalam unggahan Twitter pertamanya sesudah disita sumpahnya sebagai PM Malaysia ke-10.

Anwar Ibrahim dipilih sesudah Raja menggelar pertemuan tertentu bersama para penguasa. Pertemuan berikut mengupas tentang kebuntuan politik di Negeri Jiran itu. Kekhawatiran bakal ketidakstabilan politik di Malaysia sebenarnya meningkat akibat ketidakpastian hasil pemilu sebelumnya. Bahkan di dalam empat th. terakhir, Malaysia punyai tiga PM. Kemelut politik ini berisiko menunda kebijakan untuk mendorong pemulihan ekonomi.

Regulasi Pengangkatan PM Malaysia
Regulasi pengangkatan PM Malaysia diatur menurut Konstitusi Federal. Dalam aturannya, yang berhak mengangkat dan juga melantik seorang PM sebagai pemimpin kabinet adalah Yang di-Pertuan Agong dengan sebutan lain Raja Malaysia. Calon yang diangkat jadi PM merupakan seorang bagian Dewan Rakyat yang punyai kepercayaan mayoritas berasal dari bagian parlemen. Selain itu PM Malaysia harus asli warga negara Malaysia dan bukan dikarenakan naturalisasi.

Selain PM, pengangkatan dan pelantikan menteri dam wakil menteri terhitung dilaksanakan oleh Raja, berdasarkan himbauan PM. Saat pelantikan, sebelum saat mobilisasi tugas, PM Malaysia bersama bagian kabinetnya harus jalankan sumpah di hadapan Raja. Adapun sumpah berikut yaitu sumpah jabatan dan sumpah kesetiaan, dan juga sumpah kerahasiaan. Sumpah jabatan PM Malaysia dilaksanakan sebanyak dua kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *