February 1, 2023

Masyarakat memilih menjadi peternak karena berbagai alasan. Beberapa memelihara ternak sebagai hewan peliharaan sementara yang lain memelihara ternak untuk produk seperti susu, daging, dan bulu. Apa pun alasan Anda mungkin untuk memelihara ternak, sangat penting bagi Anda untuk melakukan penelitian sebelumnya.

Dua ternak populer yang dipelihara oleh petani adalah ayam dan itik. Alasannya karena produk mereka banyak diminati dan mudah dibudidayakan. Di bawah ini adalah beberapa pedoman yang harus diikuti saat memelihara burung-burung ini di peternakan Anda.

Bebek:

Beternak itik telah mendapatkan popularitas di kalangan petani, bukan hanya karena mereka adalah burung yang menarik untuk dipelihara tetapi karena mereka dapat menjadi sumber pendapatan yang baik. Telur dan daging bebek banyak diminati karena rasanya yang enak dan memiliki banyak nutrisi.

info harga ayam broiler hari ini

Saat memulai beternak bebek sebaiknya pilih dulu jenis bebek yang tepat. Itik Peking dan Rouen adalah dua ras yang populer di kalangan petani itik. Trah lainnya termasuk bebek Muscovy, bebek Hias dan Bebek Mandarin.

Dibutuhkan sekitar 28 hingga 31 hari untuk menetaskan telur bebek yang lebih lama dari ayam. Setelah itik menetas, Anda harus memasukkannya ke dalam kandang yang bersih dan kering. Pastikan bebek mendapat cukup panas. Anda bisa memberi makan anak itik dengan pakan ayam dan saat mereka tumbuh, Anda kemudian bisa memberi mereka pakan penanam.

Pastikan juga Anda membangun rumah bebek untuk tempat istirahat dan bertelur bebek Anda. Pastikan rumah cukup besar untuk mereka pindahkan. Tidak ada salahnya juga membangun kolam atau kolam di samping kandang bebek agar bebek bisa berenang di dalamnya.

Ayam:

Sebagian besar petani beternak ayam untuk diambil dagingnya dan yang lainnya untuk telur. Tren terbaru beternak ayam untuk diambil telurnya. Sebelum memulai beternak ayam untuk telur, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki cukup ruang untuk beternak. Memelihara ayam untuk telur tidak membutuhkan banyak ruang tetapi ayam Anda tidak boleh terlalu ramai.

Setelah Anda menyiapkan tempat Anda, Anda dapat memesan ayam Anda. Saat memulai, Anda bisa mulai dengan 5 hingga 10 ekor ayam.
Anda bisa membeli anak ayam atau ayam petelur. Anda dapat membeli ayam dari toko petani setempat dan mengirimkannya kepada Anda jika memungkinkan.

Agar ayam Anda tetap sehat sehingga bertelur berkualitas, Anda harus memberi makan dan memberi mereka air bersih setiap hari. Jika Anda tidak punya waktu untuk memberi makan dan memberi mereka air maka Anda dapat membeli pengumpan dan peminum otomatis. Ayam Anda bisa berupa biji-bijian pakan, pelet, dan sisa-sisa kebun. Untuk meningkatkan kualitas telur mereka, Anda bisa memberi mereka makanan hijau seperti rumput liar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *